Jasa Pembuatan Skripsi Terbaik Untuk Semua Jurusan

Msg/WA: 08980043444

Tuesday, August 9, 2016

Cara Mudah Mengenali Daging Ikan Segar dan Busuk

Daging ikan bisa dikatakan alternatif pilihan disamping harga daging sapi yang terus melambung tinggi. Namun, masalah yang semakin banyak terjadi akhir-akhir ini adalah kecurangan yang dilakukan oknum pedagang ikan demi mendapatkan keuntungan.
Tak ayal kita sering mendengar kasus keracunan daging ikan ataupun pedagang yang menjual ikan yang sudah membusuk. Banyak dari kita belum mengetahui seperti apa ciri-ciri daging ikan yang mulai membusuk itu. Kendati demikian, masi banyak oknum pedagang nakal yang bahkan mencampur daging ikan dengan boraks ataupun formalin.


Untuk memberikan informasi tentang permasalahan tersebut, tim Ilmunya Anak Perikanan melakukan observasi yang dilakukan untuk mencari tau secara pasti ciri-ciri daging ikan yang masih segar. Harapan kami adalah untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan tidak terkecoh oleh oknum penjual daging ikan. Berikut adalah hasil yang kita daptakan di lapangan:

1. Periksa Area Sisik
Sisik merupakan bagian terluar pada tubuh ikan dan merupakan cara termudah untuk mendeteksi kondisi ikan. Ciri dari ikan yang masi segar dapat dilihat dari kondisi sisi yang masih menempel sangat kuat pada tubuh ikan. Hal ini berbanding terbalik jika daging itu sudah dalam kondisi menuju busuk. Ikan yang membusuk memiliki sisik yang mudah terlepas dari tubuh ikan. 

2. Periksa Kondisi Kulit
Jangan salah untuk membedakan sisik dan kulit pada ikan. Sisik sifatnya keras dan berwarna bening sedangkan kulit berada dibawah sisik. Secara kasat mata kita dapat melihat warna kulit ikan yang masih segar. Kulit ikan yang masih segar biasanya terlihat sangat jernih dan warnanya masih tajam. Sedangkan kulit ikan yang sudah busuk akan terlihat lebih pucat dan akan mengeluarkan lendir.

3. Periksa Bagian Mata
Kita dapat membedakan daging yang segar dengan mengetahui kondisi mata ikan. Mata ikan segar akan terlihat terang dan terkesan jernih, permukaan mata sedikit menonjol dan berbentuk cembung. Berbeda dengan mata ikan yang sudah mulai busuk yaitu tampak keruh dan kondisinya sudah berkerut. Jadi tidak ada salahnya jika kita periksa mata ikan terlebih dahulu sebelum membeli.

4. Periksa Bagian Insang
Insang yang baik akan terlihat merah ataupun merah tua dibandingkan yang sudah busuk warna insang cenderung coklat suram. Pada ikan segar insang akan dilapisi oleh lendir yang tampak bening danberbau amis layaknya ikan. Sedangkan pada ikan busuk warna lendir terkesan keruh dan berbau asam dan busuk.

5. Periksa Kondisi Daging
Yang tak kalah penting adalah kondisi daging itu sendiri, daging yang segar memiliki tekstur yang kenyal dan berbau segar (ikan yang busuk tidak memiliki itu). Sekali-kali cobalah tekan daging ikan tersebut, jika tidak tampak bekasnya berati daging itu masih segar. Daging busuk memiliki tekstur yang lembek. Daging yang baik untuk dikonsumsi adalah daging yang berwarna putih, sedangkan daging busuk akan berwarna kuning pucat ke merahan.

6. Periksa dengan Air
Salah satu keunikan daging segar adalah jika dimasukan ke dalam wadah yang berisi air maka akan terapung. Berbeda dengan daging busuk yang akan tenggelam.

Demikian sedikit ulasan tentang cara membedakan daging ikan yang masih segar dengan daging yang sudah busuk. Jadi dengan informasi ini sudah tidak ada lagi rasa was-was jika kita membeli daging ikan baik di swalayan ataupun pasar tradisional. Tetap sehat dengan selalu makan ikan ya...




No comments:
Write comments

@meirzafb
Join Our Newsletter